Banyak Yang Berubah Di Semester 5 Ini

Cerita ini tentang temen-temen di kelasku yang tak tahu sebabnya mulai berubah di semester 5 ini. Aku tak tahu apa ini cuma perasaanku saja atau gimana. Ya udah lah ya,,, aku mulai cerita aja. Hawa perubahan ini mulai aku rasakan saat masuk pertama kali ke kelas. Perubahan apakah itu? Ya perubahan temen-temenku yang cowok yang awalnya tak pernah duduk di depan, sekarang mulai menampakkan batang tubuhnya di bangku paling depan. Tak hanya itu, lengkap dengan buku catatan dan konsetrasi penuh mendengarkan penjelasan dari dosen, mencatat setiap intisari yang mereka anggap penting dan bertanya jika memang ada yang kurang jelas.
“alah… paling cuma hari pertaman aja” pikirku bersuudzan ria. Tapi perkiraanku salah. Di hari kedua, ketiga, bahkan hingga detik ini (minggu ke-4 perkuliahan) mereka tetap istiqomah melakukannya (duduk di depan, nyatet, dan bertanya bila diperlukan). Mereka ini menarik perhatianku, apakah gerangan yang membuat mereka berubah sedrastis itu? Apakah ini hikmah ramadhan?. Aku juga tak tahu. Aku juga merasa kurang enak kalau tiba-tiba bertanya pada orang yang bersangkutan.

Analisisku sih mereka sudah mulai sadar bahwa di bangku kuliah ini adalah batu loncatan bagi mereka untuk menapaki hidup di masa mendatang. Selain itu, mungkin mereka juga mulai sadar bahwa nantinya mereka akan menjadi imam bagi ma’mum (anak dan istri) mereka kelak. Kalau mereka hanya bermain-main saja bagaimana nasib ma’mum mereka kelak bukan? Perubahan mereka ini tak pelak membuatku semakin terpacu untuk semakin rajin belajar, menulis, mencatat, dan kegiatan belajar lainnya. Walaupun aku sadar kelak aku hanya menjadi ma’mum, tapi bukan berarti ma’mum harus bodoh bukan? Adakalanya seorang imam tak bisa menjalankan tugasnya, maka ma’mumlah yang akan menggantikannya. Maka penting bagi seorang ma’mum sepertiku untuk senantiasa meningkatkan kapasitas diri sehingga pantas bersanding dengan seorang imam yang juga kapasitasnya tak diragukan lagi (loh,,, kok nyampe sini ya,,, hehehe). Teman-teman,,,, melalui blog ini aku mendoakan kalian yang sekarang sudah mulai berubah, semoga senantiasa beristiqomah dengan perubahan yang baik ini. Akan lebih membahagiakan lagi kalau perubahan ini ditingkatkan lagi, semangat mengukir masa depan kawan ^^.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s