Mudah

lost_emoticonMudah sekali dipengaruhi, ya… itu aku. Nggak tau ya ini kekurangan apa kelebihan. Kadang bisa jadi kelebihan kadang bisa berbalik menjadi kekurangan. Kayak malam ini (pagi ini sih lebih tepatnya, aku liat jam udah nunjukin 02.05) aku belum juga merebahkan badan karena memaksakan diri untuk terus membaca tulisan orang yang menurutku –entah mengapa- punya magnet yang mengharuskanku untuk trus mambacanya. Tak hanya itu, aku juga banyak mencari tau tentangnya, apa aktivitasnya, seperti apa dia dulu, dan aku baru tau kalau dia bukan orang biasa. Tau ya… tuh orang mudah banget ngasih pengaruh padahal cuma lewat tulisan. Ngebaca tulisannya bikin aku sadar kalau aku belum mempunyai dasar kepribadian yang kuat. Merasa belum mempunyai atau lebih tepatnya belum tahu persis siapa sebenarnya seorang aku. Siapa aku? Siapa? I don’t know exactly. Tuh kan, kenapa makin ke sini makin nggak kenal diri sendiri. Kenapa makin ke sini sepertinya makin banyak yang harus dibenahi. Sebenarnya ini apa? Aku bingung. Apa ini yang disebut pencarian jati diri. Ah masak? Udah umur segini masih aja nyari jati diri? lah… mau gimana lagi, kalau emang belum ketemu ya nyari. Ok, aku mulai nggak tau kemana arah tulisan ini, yang pasti sepertinya aku sedang di bawah pegaruh orang itu. Oh… please, aku tahu ini kekurangannku –mudah dipegaruhi- tapi tolong aku ingin hidup atas dasar keinginanku sendiri bukan atas pengaruh orang lain. Yah… walaupun suka nggak suka, yang namanya hidup pasti dipengaruhi orang lain.

Aku tau ini berbahaya, hidup di zona ‘mudah’. Ternyata ‘mudah’ dalam hidupku tak hanya berhenti ketika disandingkan dengan kata ‘dipengaruhi’ yang lantas seperti telah ku tulisakan di paragraph ‘membingungkan’ di atas bahwa aku adalah orang yang ‘mudah dipegaruhi’. Aku ternyata ‘mudah semangat’ yang imbasnya juga akan ‘mudah down’. Aku sudah terbiasa mempunyai semangat yang tiba-tiba meledak-ledak dan lantas tak beberapa lama setelah itu akan mengalami patah semangat. Itu yang ku sebut ‘mudah’. Bisa juga disebut ‘gampangan’, tapi kosakata ini sering dimaknai negative dan agak terlalu berlebihan sih mendeskripsikan aku adalah orang yang ‘gampangan’. Kesannya jadi beda. Ada satu hal fatal karena sifat ‘mudah’ ku ini. Aku ‘mudah (sekali) menyukai’ seseorang yang disukai orang lain. Gimana ya nyeritainnya, mudah suka di sini bukan berarti aku suka merusak hubungan orang lain tapi lebih kepada aku adalah ordinary people. Jadi apa yang disukai orang-orang, aku akan dengan mudah juga menyukainya.

Ceritanya begini, ada seseorang yang sering sekali ku dengar namanya. Sering? Ya, karena teman dekatku sering sekali menceritakannya, bukan cuma dia sih, hampir semua orang di dekatku mengenalnya, dan hampir semua dari mereka menceritakan tentang dia. Dari cerita-cerita mereka aku tahu siapa dia, seperti apa dia, kebaikan-kabaikannya, keistimewaannya, kharismanya, kedewasaannya, dan hampir semua yang ku dengar positif tentangnya. Bayangkan saja, aku yang ‘mudah’ ini mendengar hal-hal seperti itu pastilah akan sangat ‘mudah’ untuk menyukainya. Iya, aku suka dia dan belum punya alasan kenapa aku harus tidak menyukainya. Sampe sini kayaknya nih tulisan mulai ada aura-aura galau deh. Padahal nih ya, aku nulisnya lagi dalam keadaan normal, jauh dari rasa galau. Ya udah sih, ngapain aku mikirin pendapat orang. Bukan hak ku untuk menyamakan pendapat orang lain dengan pendapatku atau memaksa untuk tak menyampaikan pendapat karena komentar orang lain. Intinya, aku tak mau lagi terpengaruh dan ingin sekali menjauhkan kata ‘mudah’ itu dari ku. Tapi sepertinya makin ingin melepaskan diri sebenarnya aku semakin jauh terperangkap. Jalan keluarnya, sejauh ini yang paling aman sih, just be myself. Ok, cukup lah tulisan nggak jelas ini, aku udah ngantuk dan sekarang udah jam 02.40. Selamat pagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s