Bertemu Hantu

hantu jogedIngin sejenak ke masa lalu karena terlalu rumit menceritakan masa sekarang. Terlalu banyak yang harus diceritakan atau mungkin tak ada yang menarik untuk diceritakan? Apa pun itu, yang pasti aku ingin sejenak kembali ke masa lalu. Karena raga tak mungkin ke sana, mari bersama ingatan kita ke sana. Ber mil mil jauhnya, bertahun tahun sudah lamanya, tak kan menghalangi tujuan kita ke sana. Itulah hebatnya ingatan, tak terbatas ruang dan waktu. Mengapa ingin ke sana? Ke masa lalu? Ingin sejenak menjauh dari bisingnya lingkungan? Nggak juga sih, malah ini lagi sepi, sunyi, soalnya lagi sendiri di kosan. Para penghuninya sedang menikmati dunia luar. Aku pun begitu, tadi.

            Aku sedari kecil tinggal di rumah mbah ku. Di sana banyak sekali tetangga, rumahnya dekat satu dengan yang lain. Nggak kayak rumahku yang sekarang. Jadi, nggak pernah bosen kalau di sana soalnya banyak orang, banyak temen, ada aja pokoknya yang mau dimainin. Seneng lah pokonya. Di antara tetangga-tetangga itu, ada satu tetangga yang dekeeet banget sama mbah ku, berarti deket sama aku juga lah, udah dianggap saudara. Nah… tetanggaku ini punya adek yang rumahnya di Sampang (pengetahuan tambahan aja: rumahku di kabupaten Pamekasan. Nah Madura itu ada empat kabupaten, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep). Adeknya tetanggaku itu umurnya dua tahun di atasku, jadi aku memanggilnya mbak, namanya mbak Romlah, disingkat jadi mbak Rom. Mbak Rom ini sekolahnya di Pamekasan, jadi tinggalnya sama tetanggaku yang tadi.

Continue reading