Ikutan Cashtree, Halalkah?

Gini… bahasan kali ini akan sedikit berat, menyangkut halal dan haramnya suatu hal. Jarang-jarang kan bahas bahasan berat di sini. Yuk… mari. Beberapa hari yang lalu setelah sholat dzuhur tanganku ditarik oleh seorang senior yang sepertinya punya urusan yang sedikit penting. Aku langsung menghadapkan diri ke arah badannya untuk tahu lebih lanjut, urusan apakah yang sebenarnya ingin dia bicarakan denganku. Dia langsung mengeluarkan handphonenya dan menunjukkan sebuah aplikasi yang menjadi alasan kenapa dia ingin mengobrol denganku. Dia mengajakku untuk iseng-iseng ikutan cashtree, aplikasi pulsa gratis. Cara kerjanya kayak gini. Setiap kali kita mengajak satu orang untuk menginstall aplikasi cashtree maka secara otomatis orang yang kita ajak akan mendapatkan poin pulsa Rp 1000, nah kita yang ngajakin bakalan dapet 10% dari orang yang kita ajak yang artinya kita mendapatkan poin pulsa Rp 100. Persenan 10% yang kita dapatkan juga akan bertambah ketika orang yang kita ajak melakukan aktifitas yang menghasilkan poin pulsa. Aktifitas semacam apakah? Jadi setiap kali kita unlock screen maka di sana akan tertera poin pulsa yang akan kita dapatkan. Kalau hari biasa biasanya Rp 10 sedangkan kalau weekend Rp 20.

5NeRqt_9

kalau udah unlocked, kita bakalan dapet notifikasi seperti di bawah ini

VEf9VwJ4

Poin pulsa juga bisa kita dapatkan dari beranda cashtree yang kadang menawarkan poin pulsa. Semisal kunjungi link di bawah ini maka kalian akan mendapatkan poin pulsa Rp 150 atau semisal install aplikasi ini maka kita akan mendapatkan poin pulsa Rp 1000. Aku biasanya langsung install aja aplikasinya tapi setelah dapet poin pulsa aku langsung uninstall tuh aplikasinya. Ini penampakan poin pulsanya,

Screenshot_2016-01-27-13-33-27

Poin tersebut bisa kita tukarkan dengan nominal pulsa, poin pulsa Rp 5500 setara dengan pulsa Rp 5000, Rp 11.000 setara dengan Rp 10.000 pulsa, dan seterusnya. Intinya ini semacam beli pulsa menggunakan poin. Ini juga analog dengan bisnis MLM (multi level marketing), makin banyak kita ngajakin orang maka makin banyak pula poin pulsa yang akan kita dapatkan. Orang yang kita ajakin juga ga boleh langsung install di playstore tetapi harus melalui link yang kita share biar orang yang kita ajakin jadi anak buah kita. Kalau ada yang berminat silahkan klik link di bawah ini, kalau berminat nih ya.

Mau dapat pulsa dengan cepat? Ayo gabung di cashtree!
★Download dan dapatkan Rp 1000 secara langsung!★ Install dan buktikan sendiri! Flash Cash: 27 Jan 14:?? WIB (Rp 599) https://invite.cashtree.id/rwswtu

                Aku udah berhasil nukerin pulsa Rp 5000.

Lantas… apa yang membuatku ragu? Ini karena pernyataan seorang rekan, ‘gratis sih gratis…. Masalahnya halal nggak?’ katanya. Aku langsung mikir dong, iya ya, halal nggak ya… padahal hokum MLM juga masih banyak perdebatan. Aku seakan-akan menjadi seseorang yang bertindak tanpa berpikir, berorintasi hasil tanpa dalil. Please… bagi yang mengerti, cashtree… halalkah?

Advertisements

28 thoughts on “Ikutan Cashtree, Halalkah?

  1. Duh, kalau saya sih bukan masalah halal-haramnya, tapi lebih ke aplikasinya, atau aplikasi/iklan yang harus kita klik/install, apa nantinya akan bikin masalah seperti error atau bahkan ditumpangi virus… kita kan tidak pernah tahu apa yang akan terjadi :hehe. Jadi ketimbang berisiko terhadap ponsel, saya yang aman-aman sajalah :hihi.

  2. Aku juga nginstall apk ini, tapi ga lewat referal code. Gatau kenapa tiba-tiba nemu aja. Sempet wah gitu dapat pulsa gratis, smpet nginvite tmen biar bsa ikut nikmatin pulsa gratis tpi gak berniat ngambil persenannya. Kalo kek gitu haram gak ya kira2?-_-“

    • Wah… aku juga nggak ngerti haram halalnya… makanya nanya hehe… tapi skarang udah nggak nginstall lagi soalnya was was… kan there are no free lunch… pasti ada yang mereka ambil kalau kita dapet sesuatu

  3. Wahh aku jadi ikut was was nihh 😣😣😣😣
    Takut kena virus hp:nyaa…
    😲😲😲

    Halal haramnya jadi kpikir juga, iya si emang ini kaya sejenis MLM … Tapi ya tetep aja bnyak yang make ..
    Dari 10 org yg pake cuma 3 org yang punya pkiran halal / haram .
    Kayanya perlu tanya ke Mamah Dedeh deh . hehew

    • Tuh kan… makanya aku buru2 uninstall sebelum hpku kenapa2… soalnya mencurigakan banget… kenapa cashtree baik bgt ngasih pulsa gratis padahal kan ‘no free lunch’ pasti ada yang mereka ambil dr kita yang nilainya lbh berharga dr hanya sekedar pulsa #edisiSuudzan wkwkwkk

      • Kuota/? Ga sepenuhnya gratis sih. Kan kita kalo make itu nyedot kuota juga. Kalo pemahamanku kayaknya cashtree smacam iklan berbayar (macam adsense) gitu deh. Tapi gatau juga. Jadi ragu sendiri…

  4. Sebenernya gak gratis juga. Kita “dibayar” setelah instal aplikasi atau liat iklan “pay per view alias dibayar buat nontonin iklan”. Keuntungan buat kita ya dapet poin yang bisa dituker pulsa (korban kuota, kecuali kalo pake wifi gretongan). keuntungan buat empunya iklan ya traffic ke websitenya jadi rame (artikel) atau aplikasinya jadi keliatan sohor (banyak yang donlot dan pake).

    • Akhirnya mendapatkan jawaban akurat tentang kerisauan akan kehalalan cashtree. Iya juga sih… pulsa kita dapatkan kuota kita korbankan. Ya jatohnya sama aja. Udah diuninstall juga sih. Terimakasih jawabannya.

      • Benar…Menurut saya kita menggunakan aplikasi ini menggunakan Kuota atau Wifi yang kita pakai..sehingga kita juga mengeluarkan biaya,,juga dapat untung.
        Untuk Lebih detailnya mari kita tanyakan ke Guru Agama kita..kemudian kita berbagi ilmu tentang hukum Cashtree ini…

    • pertanyaanya,sy coba kiaskan pernyataanmu,kita dibayar karena nabung dibank,keuntungan buat kita nabung disana ya dapet bunga (korban bensin,kecuali kalo nebengan)…kita untung,bank jg untung…tp kenapa bunga itu diharamkan ?

  5. Benar…Menurut saya kita menggunakan aplikasi ini menggunakan Kuota atau Wifi yang kita pakai..sehingga kita juga mengeluarkan biaya,,juga dapat untung.
    Untuk Lebih detailnya mari kita tanyakan ke Guru Agama kita..kemudian kita berbagi ilmu tentang hukum Cashtree ini…

  6. Menurut saya ini timbal balik saja dari aktivitas kita jadi dapat hadiah karena telah berkunjung dan donoad apk. Dan ini jg gk gratis motong kuota hehe

  7. Bener mb.. Saya jg ragu ke halalanya yg pertama.. Yang kedua.. Saya jg mikir kan makan kuotaaaa ngliatin iklannya.. Gehehe..

  8. pada pe’a semua. Kata siapa kita dikasih pulsa gratis? kita dibayar Cashtree untuk donlot aplikasi. Dan yg membayar cashtree adalah si perusahaan/pembuat aplikasi. jadi ini adalah penyebaran iklan dimana kita dibayar utk mendonlot app atau menonton iklan di screenlock HP. Yang pasti halal lah.

  9. Undian dengan mengeluarkan biaya.

    Bentuknya: Undian yang bisa diikuti setiap orang yang membayar biaya untuk ikut undian tersebut atau mengeluarkan biaya untuk bisa mengikuti undian tersebut dengan mengeluarkan biaya.

    Contohnya: Mengirim kupon/kartu undian ketempat pengundian dengan menggunakan perangko pos. Tentunya mengirim dengan perangko mengeluarkan biaya sesuai dengan harga perangkonya.

    Contoh Lain: Ikut undian dengan mengirim SMS kelayanan telekomunikasi tertentu baik dengan harga wajar maupun dengan harga yang telah ditentukan.

    Contoh lain: Pada sebagian tutup minuman tertera nomor yang bisa dikirim ke layanan tertentu dengan menggunakan SMS kemudian diundi untuk mendapatkan hadiah yang telah ditentukan. Apakah biaya SMS-nya dengan harga biasa maupun tertentu (dikenal dengan pulsa premium).

    Hukumnya: Haram dan tidak boleh. Karena mengeluarkan biaya untuk suatu yang mu’amalat yang belum jelas beruntung tidaknya, maka itu termasuk Qimar/Maisir.

    Demikian secara global beberapa bentuk undian yang banyak terjadi di zaman ini. Tentunya contoh-contoh undian untuk tiga jenis undian tersebut diatas sangatlah banyak di masa ini. Mudah-mudahan keterangan diatas bermanfaat bagi seluruh pembaca.

    Wallahu Ta’ala A’lam.

    Sumber: Darusalaf.org

  10. klo ku gk invite kwan..mskipun pke link kawan.
    mnurut ku klo gk invite gk pp sih
    krn usaha kita dah cpek download apk
    kn pke kuota

  11. Idenya unik.. menggunakan pertanyaan terkait halal haram sbg judul artikel untuk mencantumkan link referall. Jika ada kompetisi mengiklankan link , cara ini cukup cerdik. Khas Indonesia banget.

  12. Saya jg kurang paham klo masalah halal/haram nya, tp menurut sya sih gpp, kecuali yg game tebak OX, itu mirip2 judi, soalnya kita kan mempertaruhkan poin kita untuk mendapatkan poin lagi, jd semacam pasang lotre/togel gtu, meskipun sempat jg ikutan bbrapa x, tp sekarang udh g pernah lg, klo cashtree nya sih masih aktif,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s